081 333 841183 (Telkomsel), Agus Piranhamas Online Shop Murah, Laporan Study Banding ke Pusat Toko Kosmetik Aman, By Hafizh SMKN 4 MALANG

Study Banding PIRANHAMAS GROUP Ke Pusat Toko Kosmetik Aman (Mas.Deddy Dan Mas.Sony)
( http://rajagrosirkosmetik.com/ & https://www.facebook.com/produkkosmetikaman)
Tujuan : Mengetahui awal mula memulai usaha dan bagaimana bisa usaha tersebeut Go Internasional.
Waktu : Kamis, 26 Desember 2013 pukul 07.21 – 12.35 WIB
Tempat : Pusat Toko Kosmetik Aman
Jl. MT. Haryono 17/206 Malang
Peserta : Jumlah peserta 23 orang.  Pimpinan yaitu Pak Agus Setiyawan
 5 orang terdiri atas siswa-siswi jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK Negeri 4 Malang.
 12 orang terdiri atas siswi-siswi jurusan Multimebeliau (MM) SMK Negeri 4 Malang.
 4 orang terdiri dari Mahasiswa S1.
Assalamualaikum Wr Wb.
A . Mas.Deddy :
Budi Dedy Fajar S, S.Kom, CH, CHT atau lebih dikenal sebagai Mas.Deddy berasal dari Ngawi daerah barat Provinsi Jawa Timur. Kedua orang tua Mas.Deddy adalah seorang kepala sekolah. Dan hampir semua keluarga beliau adalah pegawai negeri yang bukan pegawai negeri hanya Mas.Deddy dan kakak keponakannya.
Bermula dari menyewa tempat kos yang bisa dikatakan tidak bisa mendukung usaha Mas.Deddy. Banyak mengularkan uang, listrik kadang-kadang tidak ada, dan belum lagi tempat tidur yang tidak layak pakai. Mas.Deddy sempat mengikuti kegiatan sosial anak yatim, dari kegiatan tersebut Mas.Deddy mendapat tawaran tempat kos-kosan yang berada di Jl.MT. Haryono 17/206 Malang.
Tahun 2006 setelah lulus SMA Mas.Deddy yang pada tahun tersebut masih berada di Ngawai, Jawa Timur. Beliau ingin melanjutkan pendidikan ke Malang. Sampai beliau mendapat tawaran dari pihak MLM (Multilevel Marketing) yang menjanjikan hasilnya. Beliau pada waktu itu berani meminjam uang orang tua sebesar 2jt untuk mengikuti MLM tersebut. Setalah beberapa waktu beliau jalani, ternyata MLM tersebut tidak memiliki hasil. Beliau tersebut pindah ke MLM yang lain hingga 5 kali. Semua MLM yang Mas.Deddy ikut tidak membuahkan hasil yang
Mas.Deddy inginkan.Trauma dengan MLM, Mas.Deddy mencoba pindah ke PPC (Pay Per Click ) yang memiliki komisi sekitar 1,1 dolar. Setelah mencoba PPC, ternyata lebih dari 15 PPC yang Mas.Deddy jalani tidak membuahkan hasil yang Mas.Deddy inginkan.
Tidak ada hentinya untuk berjuang sekali lagi Mas.Deddy mencoba mencari uang dengan PPC yang memiliki komisi paling murah sekitar 20rb dan yang paling mahal 2,5jt. Ketika itu Google update 3 bulan sekali. Jika di Alexa per hari bisa 100 pengunjung, akan tetapi pada akhirnya mengeluarkan uang lebih untuk PPC tersebut.
Sempat memiliki pengalaman menjadi reporter TV yaitu di CRTV Malang. Gaji yang Mas.Deddy terima hanya 1 bidang, meskipun megikkuti banyak bidang sebagai reporter. Mas.Deddy pada waktu itu adalah seorang mahasiswa. Setiap hari mencari informasi kemanapun bila ada panggilan. Baik siang maupun malam, jadi menjadi seorang reporter harus siap siaga 24 jam untuk bekerja. Sempat menjual Program ciptaan sendiri untuk memenuhi kebutuhan. Dan juga menjual gorengan bersama teman-temannya. Bebrapa bulan lulus sebagai mahasiswa.
Mas.Deddy kemudian masuk ke Asia dan pada waktu itu pembina oleh Pak Firman. Pak Firman merupakan orang yang sukses di dunia PTR. Pada waktu itu teman Mas.Deddy yaitu Atin mengenalkan Mas.Deddy kepada Pak Agus. Ketika itu Pak Agus masih dalam pemulihan dikarenakan kecelakan yang menimpa Pak Agus. Pak Agus menawarkan adanya PKL ditemapt Pak Agus. Ditempat Pak Agus Mas.Deddy mengerjakan tugas dari Pak.Agus dan sambil mengerjakan skripsi.
Mas.Deddy mendapat banyak ilmu dari Pak.Agus. Salah satu temannya Mas.Deddy yang memiliki keturunan bangsa China, mempunyai usaha berupa kosmetik. Mas.Deddy mencoba memasarkan produk kosmetik tersebut. Dari sinilah Mas.Deddy mendapat hikmah dari Allah SWT. Mas.Deddy hingga sekarang sukses menjual kosmetik hingga Internasional, bahkan produk kosmetik yang Mas.Deddy bukan lagi dari temannya melainkan mengambil dari pedagang besar.
Mas.Deddy memiliki beberapa cara penjualan untuk kosmetik yaitu melalui Facebook, Twitter, Web, dan Blog. Web dan Blog hanya sebagai display. Yang terpenting sekarang Mas.Deddy fokus pada Facebook. Untuk Facebook sendiri Mas.Deddy mengunakan metode yang diajarkan oleh Bapak Agus Setiawan. Facebook misalkan lewat Notes, Page, Update Status, Riset, Upcoment, Event, dll. Itulah yang dijalani Mas.Deddy sekarang tentunya semua kegiatan tersebut telah dibuat jadawalnya. Karena umumnya orang bila sudah membuka Laptop atau menghidupkan PC, selalu tidak fokus apa yang dikerjakannya. Maka dari itulaj Mas.Deddy membuat jadwal kegiatan.
Tidak hanya dengan melalu internet saja, kadang-kandang orang datang dengan sendirinya untuk membeli produk kosmetik Mas.Deddy. Tapi Mas.Deddy berkata, “Yang mahal belum tentu cocok untuk anda”. Itulah yang menjadi kata kunci bila komsumen datang. Adapun orang yang mengatakan, “Mas, saya cari kosmetik buat penghilang jerawat di Internet yang muncul punya sampeyan aja. Lalu saya cari lagi 3 bulan kemudian tetap aja yang muncul nomer Sampeyan.Itu sampek halaman 10 di Google.”. Mungkin bila anda membaca tidak akan percaya. Silahkan dicek pada http://rajagrosirkosmetik.com/
B. Mas.Sony :
Sebelum menjadi seperti ini, Mas.Sony yang kita panggil, bekerja menjadi kasir diberbagai tempat. Selama 3,5 tahun Mas.Sony bekerja dikasir. Lalu beliau pindah ke Bali. Disana Mas.Sony mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pilihannya.
Seiring bertambah waktu, Mas.Sony sempat melamar ke Hypermat di Surabaya. Mas.Sony membuka 3 toko di Surabaya, pekerjaan yang dilakukuan Mas.Sony lebih dari 12 jam per harinya. Selama menjadi seorang kasir, Mas.Sony memiliki kesulitan dan manfaat menjadi sorang kasir. Kesulitannya menjadi seorang kasir yang umumnya adalah tentang kembalian.
Kembalian berapun itu pelanggan harus menerima walau cuma Rp 1. Bila tidak pelanggan akan membawa gratis barang tersebut atau pelanggan akan membanting barang tersebut di depan kasir. Kemudian manfaat menjadi seorang kasir adalah mengenal sekian banyak karakter seseorang. Meskipun begitu pelanggan tetaplah pelanggan, senang atau tidak pekerjaan harus tetap dilakukan.
Keluar dari Hypermart, Mas.Sony masuk ke Telkom. Mas.Sony menjalani training untuk para pekerja selama 3 bulan. Tetapi sesudah training 3 bulan Mas.Sony keluar dikarenakan Mas.Sony ketika training mendengar banyak masalah. Kemudian Mas.Sony kerja di Superindo, melalui tes Surabaya selama 1 tahun dibagian buah. Mas.Sony kembali menjadi seorang kasir disana. Disana menjadi seorang kasir 1 tahun, tetapi tenaga yang dibutuhkan cukup ekstra. Gaji yang diterima sekitar 2jt/bulan.
Sekarang Mas.Sony telah sukses dengan menjual sepatu. Mas.Sony menjual sepatu melalu Facebook. Tahun 2011, pemasaran di Malang secara offline, untuk harga sepatu full border Rp 100.000. Ilmu dari Bapak Agus Setiawan yang menjadi acuan Mas.Sony untuk pemasarannya. Mas.Sony membagi kerja untuk setiap jam dan hari sama Mas.Deddy lakukan agar tidak melakukan hal yang lain ketika menggunakan laptop atau PC. Pemasarang Mas.Sony melalui Google sangantlah sederhana, jika no hp tidak muncul atau terdeteksi oleh mesin Google penulisannya menggunakan 3 kata kunci barulah diikuti no hp. Sudah muncul di Google cara tersebut, Mas.Sony menggunakan metode no hp diikuti 3 kata kunci.
Refresh 7 hari sekali dan optimasi di Facebook dan Toko Bagus begitulah ujar Mas.Sony, jika ingin Iklan tetap berjaya. Di Facebook mempunyai perlakuan khusus yaitu bila Facebook tidak ingin terkan Suspend, Iklan dapat dipublikasikan lewat group atau update staus. Untuk Event di Facebook, Event tidak boleh lebih dari 4 bulan. Bila lebih dari itu maka Event akan dihapus.
Mas.Sony kadang-kandang mendapati pelanggan yang hanya bertanya dan menawar tetapi diujungnya tidak jadi pesan. Mas.Sony menyikapi dengan mengabaikannya. Misalkan pelanggan A bertanya tentang sepatu C dan mulai menawar harga. Lalu pelanggan tidak merespon panggilan kita 2 kali langsung diabaikan saja. Bila pelanggan tersebeut sudah setuju dengan apa yang ia beli tetapi pelanggan tersebut diluar kabupaten. Mas.Sony mengirim barang tersebut lewat JNE. Mas.Sony meliki metode dalam pengirimannya. Bila pengiriman didalam kota menggunakan WAHANA, pengiriman kekabupaten bisa mengandalkan JNE, dan pengiriman sudah pulau bisa menggunakan jasa Kantor Pos.
Wassalamualaikum Wr Wb.
By : Hafiizh Asrofil A
SMK Negeri 4 Malang (RPL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.