0813 3384 1183 (Telkomsel), Strategy and Internet, Marketing Strategy, Fitur Baru Facebook

Facebook Marketing Strategy, Facebook Marketing Tips, Facebook Marketing Ideas, Social Media Marketing, Facebook Marketing Plan, Facebook Business Srategy, Facebook Business Ideas, Facebook Business Page Tips, Strategy Internet Marketing, How to Make a Successful Faceboook Page, Fitur Baru di Facebook, Fitur Terbaru Facebook

 

Facebook ternyata membeli Instagram dan WhatsApp

Yuk kita tengok tujuannya..

Sejak dirilis Januari 2011, Instagram yang awalnya hanya tersedia untuk Platform iOS, iPhone, telah berhasil menarik minat sekita 50 juta pengguna. Jumlah pengguna terus berlipat sejak Instagram juga tersedia untuk platform Android, dengan pertambahan 1 juta pengguna setiap 24 jam.
Meski telah dikuasai penuh, Mark Zuckerberg tidak berencana langsung menggabungkan Instagram secara khusus ke Facebook. Pengembangan Instagram tetap akan dilakukan secara Independen.

Berikut empat alasan kenapa Facebook mau menggelontorkan dana yang sangat besar untuk membeli Instagram senilai 1 Miliar Dollar:

  1. User

Instagram telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna dan terus bertambah. Meski sudah memiliki 850 juta pengguna, Facebook tetap melihat Instagram sangat berpotensi menambah jumlah pengguna Facebook.

  1. Mobile
    Alasan yang kedua ini bisa jadi alasan utama Facebook membeli Istagram. Meski hanya di Mobile, pengguna Instagram bisa disebut sangat banyak. Facebook pun sebenarnya memiliki basis pengguna mobile yang sangat besar. Tapi ada satu yang tak dimiliki oleh Facebook yaitu kemudahan dalam Mobile Uploading.
  2. Bersaing dengan Google dan Twitter
    Alasan lain yang membuat Facebook mengkauisisi Instagram adalah demi gerak dua pesaingnya, yaitu Google dan Twitter. Twitter adalah pesaing kuat Facebook di bisnis jejaring social. Meski hanya mengandalkan teks, Twitter memiliki basis pengguna yang sangat kuat. Sedangkan Google, meski belum bertaring dengan Google+, tetap dipandang Facebook sebagai pesaing utama, karena produk-produk hebat lainnya, seperti mesin pencari, Gmail, Youtube, dan lainnya. Google yang memiliki dana yang tak terbatas disebut-sebut tertarik membeli Insagram. Inilah yang membua Facebook buru-buru mengambilalih Instagram.
  3. Data
    Instagram telah memiliki 30 juta penggguna yang telah meng-upload lebih fari 100 juta foto yang berisi daa geotagging dan bisa juga data personal. Inilah alasan selanjutnya, Facebook memerlukan data unuk berbagai keperluan, salah satunya untuk kepentingan pengiklan.

Dan Tujuan Facebook membeli WhatsApp

Langkah Facebook mengakuisisi WhatsApp tentu tidak lepas dari tujuan dan alasan. Setelah sebelumnya Facebook membeli Instagram, kali ini Facebook membeli fasilitas pesan singkat  WhatsApp dengan harga yang cukup fantastis yaitu sebesar 19 Miliar USD.
Mark Zuckerberg menyatakan alasan mengapa Facebook akuisisi WhatsApp “Misi kami adalah untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Kami melakukan ini dengan layanan yang membantu orang berbagi jenis konten dengan sekelompok orang yang mereka inginkan. WhatsApp akan membantu kami melakukan hal ini dengan terus mengembangkan layanan yang suka digunakan setiap hari oleh orang di seluruh dunia” ujarnya. Nah, dengan membeli WhatsApp yang tentu saja menyimpan 450 juta nomor telepon penggunanya, Facebook dapat mensinkronisasikan dengan basis data yang sudah dimilikinya. Sementara itu, CEO WhatsApp, Jan Koum mengatakan “Kami senang dapat berkolaborasi dengan Mark dan Facebook, sembari kami terus membawa WhatsApp ke lebih banyak penggguna di seluruh dunia”.

Dan analis eMarketer, Cathy Boyle, mengatakan Facebook membidik WhatsApp karena popular di kalangan remaja. Kelebihan lain dari WhatsApp, kata Boyle adalah kemampuannya dalam menembus batas-batas wilayah geografis dan berbagai zona ekonomi di seluruh dunia.

Semakin luas peluang bagi kita untuk mengepakkan sayap di negara sendiri maupun di dunia karena pengguna Facebook saat ini mencapai sekitar 850 juta.

Di facebook, kita bisa memanfaatkan banyak fitur-fitur yang ada di Facebook. Seperti membuat akun baru khusus untuk jualan kita, membuat Page atau halaman, Event, Notes, buat iklan atau beriklan di Facebook (Menu Promosi). Disini saya akan menjelaskan beberapa:

  1. Pada Fanpage, ada menu Pageview
    Teman-teman yang sudah membuat fanpage facebook untuk blog ataupun pribadi, akan menemukan menu ini di bagian bawah pada setiap informasi ataupun artikel yang sudah di share ke fanpage facebooknya. Menu ini memberikan informasi kepada kita bahwa sudah berapa orang yang melihat atau membaca informasi yang sudah kita share ke fanpage facebook. Tapi menu ini hanya bisa dilihat pada saat pengguna facebook login pada akun facebooknya dan melihat perkembangan informasi pada fanpagenya.
  2. Menu Promosi
    Menu ini bisa kita manfaatkan sebagai pengguna facebook untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook. Menu ini lebih tepatnya untuk mempromosikan bisnis online kita. Tapi sayangnya, menu promosi ini harus mengeluarkan sedikit uang saku untuk menggunakannya.
  3. Notes/ Catatan
    Kita dapat menulis catatan untuk kemudian di share kepada pengguna facebook yang lainnya.
  4. Event

Untuk fitur event, kita dapat memasang event/ acara-acara kita yang terkait dengan jualan atau pribadi seperti seminar, workshop, dan pameran.

Kita dapat mencontoh dari Facebook dan WhatsApp. Dari Facebook kita bisa ambil pelajaran bahwa ia menggandeng aplikasi lain untuk meningkatkan fitur dalam meningkatkan penggunanya. Dan pelajaran yang bisa kita ambil dari WhatsApp adalah kemampuannya dalam menembus batas-batas wilayah geografis dan berbagai zona ekonomi di seluruh dunia yang dapat mengalahkan Facebook.

Semoga Online Marketer Indonesia semakin Maju dan Banjir Order dari Dalam maupun Luar Negeri.
Posted By:

Nurul Azizah Rosalina
+62857 5574 0952

Leave a Reply

Your email address will not be published.