+6281 333 841183 (T-Sel), Mau Tahu Etika Periklanan, Komunikasi Periklanan, Periklanan di Indonesia??? AYO MEMBACA

RAJIN MEMBACA membaca membuat kita tahu Etika Iklan , Etika Periklanan, Etika Beriklan, Etika dalam Beriklan, Strategi Iklan Kreatif, Syarat Periklanan, Komunikasi Iklan, Teori Komunikasi Iklan, Iklan Tepat Sasaran, Iklan yang Efektif dan Efisien.

Gambar Media Periklanan

    Perkembangan bisnis di Indonesia semakin meningkat, iklan dibutuhkan dalam upaya mempromosikan dan mengembangkan produk yang mereka buat. Agar iklan lebih menarik dan berhasil merangsang konsumen untuk membeli, iklan harus memenuhi KRITERIA AIDCDA. A yaitu ATTENTION, mengandung daya tarik. I yaitu INTEREST mengundang perhatian dan minat. D yaitu DESIRE, memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki. C yaitu CONVINCTION, menimbulkan keyakinan terhadap produk. D yaitu DECISION, menghasilkan keputusan untuk memilih produk. A yaitu ACTION, mengarah tindakan untuk membeli.

     Alat dalam komunikasi periklanan selain BAHASA, dapat juga berupa GAMBAR, WARNA, dan SUARA atau BUNYI. Dalam membuat iklan, gunakanlah bahasa yang MENARIK (Persuasif) dan mudah DIPAHAMI oleh masyarakat awam. Bahasa iklan menggunakan pilihan kata-kata yang TEPAT, SOPAN dan LOGIS. Menggunakan UNGKAPAN atau majas untuk memikat calon pembeli sangat dianjurkan. Iklan DISUSUN secara SINGKAT dan menonjolkan bagian-bagian yang penting. ISI IKLAN berisifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan tidak menyinggung produsen lain. Gambar iklan haruslah mencerminkan PRODUK yang ditawarkan, bersifat EDUKATIF dan menarik. Penggunaan KOMBINASI WARNA yang tepat lebih sering dilihat oleh konsumen.

Belajar Lebih Lanjut Lagi Yuk

     HAL PENTING saat membuat iklan adalah KREATIVITAS. Kreativitas beriklan mencakup pelaksanaan dan pengembangan konsep dan ide iklan. Kreativitas termasuk pembuatan JUDUL, DESKRIPSI, dan VISUAL baik untuk iklan di media online dan offline.

      Kreativias saja TIDAK CUKUP untuk membuat iklan kita TEPAT SASARAN dan EFEKTIF, saat membuat iklan kita harus mempunyai STRATEGI. Strategi iklan harus mampu menjawab pertanyaan dasar yaitu 5W dan 1H. Yaitu WHAT, apa tujuan iklan? WHO, siapa masyarakat yang akan dijangkau? WHEN, kapan iklan dipasang? WHERE, dimana iklan dipasang? WHY, mengapa harus demikian? HOW, bagaimana bentuk iklannya?

     SABAR DULU, jagan buru-buru membuat strategi. Karena hal pertama sebelum membuat strategi iklan adalah kita harus tahu PRODUCT KNOWLEDGE, pengetahuan tentang produk. Informasi product knowledge meliputi PENJELASAN FITUR yang terkandung dalam produk dan KEUNGGULAN yang membedakannya dengan competitor.

Ulasan tentang PRODUCT KNOWLEDGE akan kita bahas pada artikel berikutnya, TO BE CONTINUE

Upload by:

Rita Fitria Purwoistri

+6285 755 868 698 (I-sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.