LAPORAN STUDY BANDING di http://grosirtaslaptop.com milik Bapak Ahadian, oleh : Cicilia Lidya Rani SMKN 4 Malang.

STUDY BANDING

di http://grosirtaslaptop.com milik Bapak Ahadian

Laporan oleh : Cicilia Lidya Rani

SMKN 4 MALANG

 

            Hari Rabu, 5 Juni 2013 para PKL/Magang beserta bos kami Bapak Agus Setyawan dari Piranhamas Group mengadakan study  banding di http://grosirtaslaptop.com yang dimiliki oleh Bapak Ahadian. Tujuan dari study banding diantaranya adalah memperbanyak ilmu dan pengalaman dari para Marketer yang telah sukses di bidangnya.

 

Bapak Ahadian, Beliau memulai karir di Bidang Jasa dengan kerja ikut orang dengan orang Cina, yaitu menjadi pegawai teknisi computer selama 5 tahun. BOSAN dengan pekerjaan di Bidang Jasa beliau mencoba beralih ke perdagangan, tetapi masih berhubungan dengan dunia komputer, yaitu menjual spare part di Surabaya selama 5 tahun juga. Menurut pengalaman Pak Ahadian, dalam berdagang, 3 bulan pertama kurang ada perkembangan yang siknifikan, yang sangat menguras waktu dan tenaga. Memang di dunia perdagangan offline harus di lakukan secara berulang-ulang. Setelah 3 bulan terlampaui, dengan semangat, tekat dan usaha Pak Ahadian yang tidak pernah putus asa dan mengenal lelah untuk mencari konsumen, Pak Ahadian mampu menjual ribuan, 2 ribu, 5 ribu, bahkan lebih.

 

Setelah menjual micro sd, Pak Ahadian mencoba menjual CD back. Beliau mempunyai modal Rp 300.000,00-Rp 500.000,00. Modal uang tersebut dipergunakan untuk membeli CD back dengan mencari distributor yang murah. Pertama beliau berjualan dengan sistem door to door, yaitu di titipkan di toko peralatan kantor, alat tulis sekolah, dan toko-toko di Kota Malang. ada 3 cara pembayaran, yaitu: tunai, hutang (bayar mundur), konsinyasi (barang laku baru di bayar, barang tidak laku di kembalikan). Menurut Pak Ahadian usaha itu seperti orang yang ingin pacaran, yaitu bagaimana caranya mendapatkan orang yang kita sayangi. Usaha juga main perasaan. Pasti akan pernah mengalami komentar, penolakan, kritik, dan bahkan makian oleh konsumen. Enterpreneur itu harus rela berkorban. Seperti saat PDKT sama lawan jenis, kita harus rela berkorban demi apapun untuk orang yang kita ingin dapatkan. Tetapi dalam usaha juga disertai dengan doa. Karna keduanya sangat penting.

 

Untuk masalah bekerja beliau tidak melihat sisi dari gaji ataupun beratnya pekerjaan tersebut, tetapi beliau lebih memprioritaskan ilmu dari Bidang Jasa dan Bidang Perdagangan yang beliau peroleh dari pengalaman 2 pekerjaan tersebut. Kemudian beliau mencoba berjualan Aksesoris hp, seperti memory card dan berjualan CD bag. Akan tetapi usahanya dirasa kurang memuaskan hasilnya. Pak Ahadian awalnya masih offline yaitu menjual micro sd ke konter-konter dan toko-toko komputer dan alat tulis. Minggu pertama di kurang lebih 30 konter hanya laku 1 buah micro sd, minggu ke dua hanya laku 5 buah micro sd, minggu ke tiga laku 10 buah micro sd.

Saat menyadari perkembangan jaman yang semakin maju, semua orang sudah sedikit memakai buku dan bolpoin untuk menulis, karena sudah banyak teknologi yang lebih modern dan maju, seperti Laptop, i-Pad, Tablet, dan sebagainya. Beliau lalu mempunyai ide untuk membuat hal yang berhubungan dengan barang-barang teknologi modern tersebut. Dan beliau mempunyai rencana dengan memulai usaha menjual-belikan Tas Laptop yang jelas dibutuhkan oleh masyarakat.

 

Cara mengatasi perasaan takut dalam entrepreneur menurut Bapak Ahadian, ada beberapa, yaitu: saat kita masuk ke zona nyaman (kerja ikut perusahaan atau orang), lalu mencoba ke zona tidak nyaman (entrepreneur) pasti merasa tidak nyaman dan tidak enak. Cara mengatasinya yang paling utama adalah banyak-banyak mendekatkan diri pada yang kuasa.

Awalnya memulai usaha jualan tas laptop ini Pak Ahadian menawarkan ke toko-toko seperti Sales, Beliau mengatakan 3 bulan adalah minimal usaha dalam berdagang. Beliau juga mengatakan bahwa dalam berdagang offline, banyak sekali hambatan yang harus dilalui yaitu “KUAT hati, mental, dan pikiran”. Dan KUNCI untuk SUKSES yaitu “Maju  terus untuk mencoba usaha” (Bukan sekali berusaha lalu menyerah tetapi harus berulang-ulang kali di coba).

Beliau mengenal Bapak Agus Piranhamas dan Dunia Internet Marketing berawal dari iseng-iseng coba browsing, lalu melihat iklan seminar Pak Agus, beliau pun tertarik dan bertekat untuk mengikuti seminar dari Pak Agus.

Beliau belajar tentang dunia Internet Marketing yang diajarkan oleh Pak Agus dari seminar yang diikuti beliau. Hingga akhirnya beliau memulai usahanya dengan berjualan di dunia online, selain berjualan online beliau juga membuka toko tas dirumahnya. Sekarang Pak Ahadian menjalankan usaha berjualan Tas Laptop ini 90 % online dan 10% offline

 

Pak Ahadian juga berbagi ilmu yang berkaitan dengan usahanya, beliau menyarankan kepada kita yang masih muda, sebaiknya tidak pernah putus asa untuk memulai usaha, untuk memulai usaha sebaiknya kita memilih barang yang akan kita jual yang harganya murah karena penyusutannya 30%-50% harga sebelumnya dalam setahun dan memilih tempat agen barang yang paling murah juga. Dan untuk menghindari kerugian yang besar lebih baik menghindari usaha yang membutuhkan modal besar contohnya usaha barang elektronik jika Anda tidak memiliki modal yang besar. Intinya memulai usaha harus seimbang dengan modal yang kita miliki saat itu.

 

TINGKATAN PERDAGANGAN:

Pabrik -> Distributor -> Supplier -> Master Dealer -> Toko -> Konsumen

  • Harga dari tingkatan perdagangan tersebut semakin ke bawah semakin besar selisihnya, jadi kalau bisa kita di urutan yang ke 2 atau ke 3 agar kita bisa mendapatkan selisih harga yang lumayan besar.

 

SEKIAN….

Leave a Reply

Your email address will not be published.