Laporan Study Banding http://pesanjaketonline.com/ (Bapak Asrul Tsani) By: Siti Halimatus Sa’diyah (Ima) SMKN 4 Malang

Study Banding  http://pesanjaketonline.com/ (Bapak Asrul Tsani)

Oleh: Siti Halimatus Sa’diyah (Ima)

SMKN 4 Malang

IMG00779-20130605-1641

 

Rabu, 5 Juni 2013 PSG Piranhamas Group mengadakan study  banding ke  http://pesanjaketonline.com/ (Bapak Asrul Tsani). Beralamat di Perum Graha Kota Asri
Jln. Muharto Gg. V Blok i.14 Kotalama Malang. Distro: Jln. Kolonel Sugiono (selatan fly over Mergosono), seberang Mergosono gang 7, Malang. Banyak ilmu tentang internet marketing yang kita dapat dari Bapak Asrul Tsani yang bisa kami jadikan inspirasi dan motivasi untuk memulai Usaha Internet Marketing.

Bisnis pesan jaket online Bapak Asrul Tsani sudah bukan hanya melayani di Indonesia, tapi sudah melayani ke luar negeri. Omsetnyapun sudah Rp 300.000.000,00/bulan  (kotor) dan bersihnya bisa Rp 100.000.000,00/bulan.

Bapak Asrul Tsani mengawali usaha konveksi sejak tahun 1997. Offline sejak tahun 1997-2010. Online sejak tahun 2011 sampai sekarang.

Karyawan awal hanya sendiri atau sebagai makelar. Sebelum buka internet  hanya 6 orang. Tapi sekarang karyawan yang tidak tetap sudah 75 orang. Control 25 orang.

Dalam 1 hari dengan karyawan yang cukup banyak dapat menghasilkan 75-100 buah jaket. Bahan untuk membuat jaket, Bapak Asrul memilih dangan kualitas yang terbaik. Bahan di dapat dari kota-kota besar di Indonesia, seperti: Malang, Surabaya, Jogja, Bandung, Jakarta.

Sekarang Bapak Asrul begitu banyak orderan bahkan sampai nolak-nolak (di pilih mana yang lebih menguntungkan). Saat ini, Bapak Asrul sudah closed eceran, sudah tidak menerima pesanan untuk eceran.

Cara pembayaran menggunakan cara DP dulu di awal, baru setelah barang di kirim di lunasi. Yang luar negeri banyak yang mengirim melalui My Bank (Malaysia), BII, agen pengiriman uang. Biro pengiriman biasanya menggunakan DHL, FEDEK, UPS Surabaya, Malang, Panjaitan.

Untuk servis konsumen Agar konsumen tidak kecewa, harus ada aftersill service (pelayanan setelah orang beli) dan bisa di retur.

Untuk optimasi di internet 2 bulan pertama selama 20 jam. Menurut Bapak Asrul, sampai tidak sempat makan dan mandi, sampai makan di suapin sang istri.

Untuk kata kunci mau menembak ke luar negeri, bahasanya harus menyesuaikan negaranya (tidak harus semuanya). Untuk masalah desain, sesuai pelanggan bisa, sesuai orang ada. Ketika desain sudah acc baru di kerjakan.

Untuk pemesanan saat ini, 90 % dari Internet. Itu hasil dari optimasi (memperluas pasar). Awalnya memasang 450 iklan. 2 minggu ada proyek dari Surabaya, pakai wordpress selama 6 bulan dan ke suspend. Di bulan ke 5 memakai .com. Jadi untungnya ketika wordpress ke suspend. Yang .com langsung ada di bawahnya. Dengan membuat blogdetik.com sebagai cadangan.

Banyak ilmu yang kita dapatkan dari Study Banding  http://pesanjaketonline.com/ (Bapak Asrul Tsani).  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.

 

 

Siti Halimatus Sa’diyah (Ima)

SMKN 4 Malang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.