Laporan Study Banding PiranhamasGroup di www.grosirtaslaptop.com (Bpk.Ahadian) By Dwi Rahayu SMKN 4 Malang

Study Banding www.grosirtaslaptop.com yang di laksanakan pada Rabu, 5 juni 2013 di kediaman rumah  bapak Ahardian yang berlokasi di Jl. Mertojoyo Q3 Malang – Jawa Timur – Indonesia .

Bapak ahardian yang mempunyai berbagai pengalaman untuk karirnya, awal mula karirnya di bidang jasa itu bapak ahardian ikut dengan orang, menjadi seorang pegawai teknisi computer selama 5 tahun di surabaya

Setelah 5 tahun di bidang jasa beliau beralih di dunia perdagangan yang masih berhubungan di dunia computer yang selama ini dijalani beliau. Sosok Bapak ahardian ini adalah seseorang yang dalam bekerjanya bukan mengutamakan gaji,kondisi ataupun beban dalam pekerjaan tersebut, akan tetapi beliau lebih mengutamakan prioritas ilmu yang beliau dapatkan selama bekerja di sebuah bidang jasa dan dagangnya tersebut.

Bapak ahadian juga pernah mencoba berjualan aksesoris hp, seperti memory card, headset, cd bag dll. Dalam pekerjaan tersebut beliau menjadi seles yang menawarkan barang jualannya ke counter counter hp, bapak ahardian tidak berputus asa meskipun dalam berjualan itu pasti ada yang namanya sebuah penolakan dari konsumen. Dalam 3 bulan bekerja pertama itu memang banyak rintangan yang harus kita hadapi dalam bekerja. Ya seperti yang di bilang bapak ahadian “ dalam usaha itu seperti orang yang pacaran” usaha itu main perasaan dan harus berkorban dahulu, kadang ada senang dan ada susahnya, bahkan kita harus siap jika ada sebuah penolakan dari konsumen. Dalam dunia offline kita itu harus berulang ulang dan jangan putus asa, diusahakan minimal itu 3 bulan(mengenal produk), dan kalau perlu 1-2 tahun dilihat perkembangannya.

Dan setelah usaha yang dilakukan bapak ahadian yang menjual aksesoris hp, bapak ahadian beralih lagi ke dagang dengan usaha sendiri yaitu berjualan tas laptop, diliahatnya orang orang pada waktu itu tidak banyak lagi menggunakan buku, melainkan sudah membawa laptop bahkan sekolah sekolah yang terkenal sudah harus mempunyai laptop. Dari situlah ide dari bapak ahadian itu berkembang untuk berjualan tas laptop.

Dengan bertambah usianya bapak ahadian, beliau tidak kuat lagi dengan kerja lapangan, bapak ahadian iseng iseng membuka internet dan melihat ada semacam pelatihan marketing online, dilihatnya menarik akhirnya bapak ahadian mengikui acara pelatihan itu bersama bapak Agus piranhamas.

Bapak ahadian memulai usahanya dengan biaya 500 ribu untuk modal awal jualan tas laptop. Bapak ahadian memulai usahanya dengan online akan tetapi selain berjualan online beliau juga membuka toko tas dirumahnya. Sekarang beliau menjalankan usaha berjualan Tas Laptop ini 90 % online dan 10% offline

Beliau juga berbagi ilmu berkaitan dengan usaha, beliau menyarankan untuk yang masih muda-muda ini sebaiknya giat untuk memulai usaha. Beliau juga menyarankan untuk memulai usaha sebaiknya kita memilih barang yang akan kita jual yang harganya murah karena penyusutannya 30%-50% harga sebelumnya dalam setahun dan memilih tempat agen barang yang paling murah juga. Dan untuk menghindari kerugian yang besar lebih baik menghindari usaha yang membutuhkan modal besar contohnya usaha barang elektronik jika Anda tidak memiliki modal yang besar.

Dan saran beliau bila ada customer yang komplain mengenai barang kita sebaiknya memberikan service perbaikan atau kita ganti dengan yang baru.

TINGKATAN PERDAGANGAN:

Pabrik à Distributor à Supplier à Master Dealer à Toko à Konsumen

  • Harga dari tingkatan perdagangan tersebut semakin ke bawah semakin besar selisihnya, jadi kalau bisa kita di urutan yang ke 2 atau ke 3 agar kita bisa mendapatkan selisih harga yang lumayan besar. Cara online beliau pertama berjualan online menggunakan wordpress.com dan blogdetik dulu, setelah kepesatan jualan online itu bapak ahadian sudah menggunakan .com

Pengalaman dari cerita bapak Ahadian menjadikan motivasi buat saya untuk menjenjang masa depan saya sehingga keinginan saya menjadi orang sukses bisa terwujudkan, dan dari cerita beliau saya berkeinginan menjadi seorang entrepreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.