Studi Banding Sesi 3 Para Murid PIRANHAMAS Dengan Tatawarna Dotcom

Study Banding Para Murid ‘Agus PIRANHAMAS Bersama Tata Warna

Malang, 29 Febuari 2012

 

Hari ini aku dan teman-teman melaksanakan Studi Banding ke Tata Warna. Apa itu Tata Warna? Mungkin banyak dari kita yang masih bertanya-tanya apa itu Tata Warna. Tata Warna adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa yang melayani Desain. Seperti  desain slide persentasi animasi flash, persentasi video, CD Interaktif Company Profile. Di Tata Warna juga melayani desain materi cetak, seperti desain corporate identity-logo, kartu nama, poster, brosur, flayer dan masih banyak lagi. Selain melayani desain materi cetak disini juga melayani desain materi online, seperti website pribadi, website company profile, website gallery, website toko online, website sekolah dan sebagainya. Nah, untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website Tata Warna yaitu www.tatawarna.com

Kami berangkat dari tempat PSG menuju Tata Warna jam 10.00, disana kami disambut oleh Mbak Tya. Nama lengkapnya adalah Aditya Ayu P, beliau adalah Kepala Cabang Malang. Yang sempat agak mengagetkan kami ternyata beliau adalah almamater dari SMKN 4 Malang, sekolah kami, dan beliau masih berusia 18 tahun. Wow! sebuah pencapaian yang luar biasa di usia yang masih sangat belia. Aku yang ketika itu sampai duluan bersama temanku Lukman dipersilahkan duduk dan kami juga sempat diajak berbincang sambil menunggu Pak Agus PIRANHAMAS dan teman-teman yang lain sampai. Saat menunggu kami sempat berbincang tentang apa itu Tata Warna, lalu apa saja yang dikerjakan oleh Mbak Tya sendiri disana.

Setelah beberapa menit menunggu akhirnya Pak Agus dan teman-temanku datang juga, tak perlu menunggu waktu berlama-lama akhirnya kamipun segera memulai acara studi banding ini. Dimulai dengan sesi pembukaan acara yang dimulai oleh temanku Lukman dari pihak PIRANHAMAS dan juga salah satu siswi SMK Purwosari yang juga sedang PSG mewakili pihak Tata Warna. Setelah sesi pembukaan dilanjutkan dengan sesi penjelasan tentang desain apa saja yang sudah dikerjakan di PIRANHAMAS yang diwakili oleh temanku Nia.

Setelah temanku Nia menjelaskan tentang desain apa saja yang sudah dilakukan di PIRANHAMAS, dillanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh pihak tuan rumah alias pihak Tata Warna terlebih dahulu kepada pihak PIRANHAMAS. Tanpa harus menunggu waktu lama, akhirnya sebuah pertanyaan pun diajukan oleh salah satu siswi dari SMK Purwosari yang menyakan tentang apa yang dimaksud dengan SEO. Akhirnya Pak Agus mempersilahkan salah satu diantara kami untuk menjelaskan, dan ternyata temanku Lukman yang mencoba untuk menjawab pertanyaan tadi. Setelah Lukman mencoba menjawab, akhirnya Pak Agus sendirilah yang menjelaskan di hadapan kami semua. Beliau menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan SEO, lalu langkah demi langkah yang harus dilakukan dalam melakukan SEO dan sebagainya.

Setelah satu orang bertanya, munculah pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dilontarkan oleh beberapa siswi SMK Purwosari seputar Internet Marketing, dan juga seputar apa saja yang harus dilakukan untuk melejitkan suatu perusahaan. Pak Agus pun menjelaskan dengan rinci dan detail dalam waktu yang relative singkat, karena kami hanya mempunyai waktu sampai jam 12 saja untuk acara study banding ini. Sehingga beliau hanya mejelaskan beberapa poin pentingnya saja. Setelah kurang lebih menghabiskan waktu satu setengah jam untuk sesi  tanya jawab beberapa perwakilan dari Tata Warna, sekarang waktunya beberapa perwakilan dari PIRANHAMAS yang melakukan sesi tanya jawab. Dimulai dari sebuah pertanyaan yang diajukan oleh salah satu temanku yaitu Evi seputar animasi CD Take It Fun yang digunakan sebagai contoh oleh Pak Agus PIRANHAMAS kepada kami. Karena memang harus kami akui cd yang berisi beberapa contoh company profile perusahaan itu memiliki daya tarik yang sangat menarik lewat animasinya.

Sehingga dari cd itupun kami mempunyai beberapa pertanyaan, yaitu seperti bagaimana membuat animasi yang menarik, lalu bagaimana membuat booklet, dan juga bagaimana mendapatkan inspirasi untuk membuat animasi yang menarik. Semua pertanyaan kamipun dijawab oleh Mbak Tya sebagai pengganti dari Bapak Faizal yang sedang berhalangan hadir, beliau menjelaskan yang pertama adalah bagaimana membuat booklet atau majalah digital. Karena pemikiran pertama yang ada di benak kami membuat booklet atau majalah digital sangat rumit dan harus menggunakan softwere flash. Disini aki jelaskan sedikit, flash adalah sebuah sotwere yang biasa digunakan untuk membuat animasi, dan juga lewat softwere flash ini kita bisa membuat sebuah cd interaktif. Entah itu cd interaktif pembelajaran ataupun cd interaktif company profile.

Oke, kembali ke materi pembuatan booklet atau majalah digital tadi. Setelah Mbak Tya menjelaskan dan juga member contoh langsung ternyata cara pembuatannya tidaklah sesulit yang kami bayangkan. Mbak Tya menjelaskan jika ada website free untuk membuat booklet atau majalah digital tersebut, dan website itu bernama ISSUE.COM. Mbak Tya juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan atau mengaplikasikan website tersebut. Pertama kita harus mempunyai materi-materi yang akan kita jadikan isi dari majalah yang akan kita buat, kedua kita harus mengubah Save as dari doc menjadi pdf, ketiga setelah materi-materinya sudah kita ganti dari word ke pdf barulah kita bisa upload di website yang bernama ISSUE.COM tersebut. Tapi sebelum kita upload, perlu kita perhatikan kita harus log in terlebih dahulu.

Setelah log in kita baru bisa mengupload materi-materi yang akan kita jadikan isi dari booklet atau majalah digital tersebut. Pada website ini juga tersedia fasilitas yang kita inginkan, misalkan saja kita ingin membuat dalam bentuk majalah, buku dan sebagainya. Sesuai selera kita dan sesuai kebuuhan kita. Setelah menjelaskan tentang booklet atau majalah digital, Mbak Tya juga menjelaskan tentang bagaimana cara kita untuk mendapatkan inspirasi animasi yang menarik. Mbak Tya pun menjelaskan bahwa kita harus sering-sering melihat beberapa referensi dari berbagai contoh animasi yang dibuat oleh orang lain, Mbak Tya pun memberi tahuku bahwa aku bisa mencari inspirasi di beberapa website yang berisi tentang animasi seperti FLASHMIN.COM dan STUDIO DESAIN.COM.

Setelah Mbak Tya menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh beberapa perawakilan dari PIRANHAMAS, Mbak Tya pun menyempatkan waktu untuk mengajukan pertanyaan kepada Pak Agus PIRANHAMAS seputar Iklan dan Blog Walking. Akhirnya Pak Agus pun kembali menjelaskan tentang beberapa materi seputar  iklan dan blog walking. Sekilas yang aku tangkap dari penjelasan Pak Agus yaitu jika kita akan memasang IKLAN atau biasa disebut promosi, branding ada tiga macam. Tiga macam yaitu ada iklan LUAR NEGERI (berbayar, gratis), DALAM NEGERI (berbayar, gratis), dan FORUM (jual, beli). Jika kita akan melakukan Blog Walking harus sesuai dengan apa yang kita mau atau SEGMENTED TARGETED. Begitulah sekilas yang aku tangkap dari beberapa penjelasan dari Pak Agus PIRANHAMAS kepada Mba Tya sebelum mengakhiri perjumpaan kami hari ini.

Setelah jarum jam menunjukan ke angka 12, Pak Agus pun menyudahi acara studi banding dan menyuruh Lukman temanku untuk maju ke depan memberikan kata penutup untuk menutup acara studi banding kali ini. Setelah Lukman mewakili PIRANHAMAS untuk member  kata penutup, giliran perwakilan dari pihak Tatawarna yang memberikan kata penutup dalam acara ini. Setelah dari kedua belah pihak sama-sama menyampaikan kata sambutan, perjumpaan pun diakhiri dengan sesi berfoto. Aku dan teman-teman berharap semoga ilmu yang kami dapatkan dari studi banding dengan Tatawarna dapat menambah ilmu kami semua, untuk meningkatkan kualitas dari kami semua. AMIN.

 

Oleh : Asri Hidayah W

Leave a Reply

Your email address will not be published.